Analisis Link Budget Antena Sideband Doppler Very High Omni-Directional Range (DVOR) Pada Jalur Lintasan Penerbangan

Main Article Content

Eka Wahyudi
Wahyu Pamungkas
Bayu Saputra

Abstract

Teknologi telekomunikasi terus berkembang seiring dengan perkembangan jaman. Mulai dari komunikasi kabel hingga komunikasi nirkabel. Salah satu pemanfaatan komunikasi nirkabel sebagai media komunikasi adalah teknologi radio yang diterapkan pada salah satu peralatan navigasi penerbangan, yang dikenal dengan istilah Doppler Very high Omni-Directional Range (DVOR). Dalam DVOR, informasi yang dikirim menggunakan efek doppler menuju pesawat akan  mengalami penurunan sinyal (loss) yang diakibatkan oleh jarak. Dengan melakukan analisis perhitungan link budget menggunakan parameter pathloss dan atenuasi terhadap efek doppler dengan objek penerima (pesawat), maka apabila pesawat semakin mendekat, akan menghasilkan perubahan nilai pathloss dan atenuasi yang tidak berarti. Perhitungan pathloss dengan peubah jarak menghasilkan pengurangan 1dB pada rentang jarak tempuh pesawat, mulai dari jarak 30 Km hingga 5 Km dengan interval 5 Km. Sehingga semakin jauh jarak yang ditempuh oleh gelombang frekuensi Fobserved maka semakin besar nilai atenuasi yang akan diterima. Pada analisis atenuasi sebuah antena terhadap jangka waktu tertentu menghasilkan perubahan sebesar 1dB dalam waktu tempuh dengan rentang masing-masing sebesar 32 detik, 29 detik, 26 detik, 22 detik, 18 detik, 15 detik, 12 detik, 10 detik, dan 8 detik, dan diperoleh kesimpulan semakin besar nilai waktu yang dipergunakan pada sebuah antena DVOR maka semakin kecil atenuasinya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Wahyudi, W. Pamungkas, and B. Saputra, “Analisis Link Budget Antena Sideband Doppler Very High Omni-Directional Range (DVOR) Pada Jalur Lintasan Penerbangan”, INFOTEL, vol. 5, no. 1, pp. 1-9, May 2013.
Section
Articles

References

[1] SELEX Sistemi Integrati Inc. March. 2007. Manual Book Model 1150 Doppler Very High Omnirange (DVOR). Overland Park, USA.
[2] SELEX Sistemi Integrati Inc. March. 2007. Operation and Maintenance Manual Model 1150 Doppler Very High Omnirange (DVOR). Overland Park, USA.
[3] Mahdalena, Henni. 2011. Analisis Link Budget Pada Non Direction Beacon Di Jalur Lintasan Penerbangan Bandara Tunggul Wulung Cilacap. Purwokerto. Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra.
[4] Larasati, Shinta Widyaningrum. 2010. Analisis Link Budget Pada Sistem Transmisi Microwave Antara BTS Pancasan Dengan BTS Ajibarang Dalam Cakupan BSC Gunung Depok Studi Kasus Di PT.Indosat, Tbk Purwokerto. Purwokerto. Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra.
[5] Bailey, David. 2003. Practical Radio Engineering and Telemetry for Industry. Australia: IDC Technologies.
[6] Constantine, Balanis. 1997. Antenna Theory Analisys and Design. Kanada: John Willey and Son Inc.
[7] Susilawati, Indah. 2009. Teknik Telekomunikasi Dasar Komunikasi Radio. Yogyakarta : Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
[8] Utomo, Pramudi. 2008. Teknik Telekomunikasi Jilid 1 untuk SMK. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
[9] Shanmugam, K.Sam. 1976. Digital and Analog Communication Systems, United States of America: University of Kansas.
[10] Pamungkas, Wahyu. 2006. Diktat Kuliah Radar dan Navigasi. Purwokerto. Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra.