Analisis Perhitungan Cakupan Sinyal Sistem Wcdma Pada Area Kampus Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Purwokerto

Main Article Content

Alfin Hikmaturokhman
Wahyu Pamungkas
Pambayun Ikrar Setyawan

Abstract

Perkembangan industri wireless saat ini mengalami kemajuan sangat pesat. Teknologi 3G yang ditetapkan oleh ITU akan berperan sangat penting dan semakin dominan dalam perkembangan teknologi komunikasi. Dengan berkembangnya jumlah pelanggan selular WCDMA dipastikan membutuhkan juga cakupan jaringan  di dalam sebuah area, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Pembahasan berupa studi kasus mengenai analisa cakupan sinyal sistem WCDMA pada sebuah area. Yang paling berpengaruh dalam penelitian ini adalah Effective Isotropic Radiated Power (EIRP) dan Received Signal Code Power (RSCP). Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil perhitungan EIRP adalah 58 dBm dan RSCP -117,73 dBm. Selanjutnya, hasil drive test menunjukan pada bagian outdor lantai 1 diperoleh hasil sebesar -90 dBm, sedangkan untuk bagian indoornya yaitu -99 dBm. Untuk bagian outdoor lantai 2 nilainya -95 dBm dan bagian indoor-nya yaitu -100 dBm

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Hikmaturokhman, W. Pamungkas, and P. Setyawan, “Analisis Perhitungan Cakupan Sinyal Sistem Wcdma Pada Area Kampus Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Purwokerto”, INFOTEL, vol. 5, no. 1, pp. 21-29, May 2013.
Section
Articles

References

[1] Hikmaturokhman Alfin, Sistem Komunikasi Bergerak Seluler, Panduan Mata Kuliah Teknik Selular Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Purwokerto, Purwokerto,2012.
[2] Hikmaturokhman Alfin, Frekuensi Reuse Manajemen Frekuensi dan pengalokasian Kanal, Panduan Mata Kuliah Teknik Selular Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Purwokerto, Purwokerto, 2012.
[3] Herlinawati, Penentuan Cakupan dan Kapasitas Sel Jaringan Universal Mobile Telecommunication System (UMTS), Jurusan Teknik Elektro Universitas Lampung, Lampung, 2008.
[4] Dewi Ninik Ratna, Studi Sistem Transmisi Pada Wideband Code Division Multiple Access (WCDMA), Tingkat II Teknik Kripto, Sekolah Tinggi Sandi Negara, 2008.
[5] Tarigan Erson, Studi Perancangan Cakupan Sinyal Sistem WCDMA Di Dalam Ruangan, Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara, Medan, 2007.
[6] Surya Putu Gs, Rugi-rugi Lintasan Perambatan Gelombang, http://www.docstoc.com, Purwokerto, 2012.
[7] PT3163 Sistem Komunikasi Bergerak Propagasi Gelombang Radio pada Sistem Cellular, Program Studi D3 Teknik Transmisi, Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Telkom Bandung, Bandung, 2008.
[8] Surjati Indra, Yuli Kurnia Ningsih, Septiana Hendri Analisis Perhitungan Link Budget Indoor Penetration Wideband Division Multiple Access (WCDMA) dan High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) Pada Area Pondok Indah, JETri Universitas Trisakti, Volume 7, Nomer 2, Jakarta, 2008.