Klasifikasi Modulasi Digital Menggunakan Kombinasi Teknik Fuzzy Clustering Dan Template Matching Sebagai Pengenalan Pola

Main Article Content

Anggun Fitrian Isnawati

Abstract

Sebagian besar pendekatan untuk pengenalan dan klasifikasi modulasi telah didirikan pada komponen sinyal termodulasi. Dalam tulisan ini, akan dikembangkan algoritma untuk klasifikasi modulasi menggunakan teknik clustering Fuzzy C. Means (FCM) yang mempertimbangkan konstelasi sinyal yang diterima untuk mengidentifikasi jenis modulasi yang dipakai pada komunikasi nirkabel. Identifikasi pola menggunakan template matching dan diperoleh hasil dengan tingkat kecocokan yang tinggi pada semua tipe modulasi yang digunakan.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Isnawati, “Klasifikasi Modulasi Digital Menggunakan Kombinasi Teknik Fuzzy Clustering Dan Template Matching Sebagai Pengenalan Pola”, INFOTEL, vol. 5, no. 1, pp. 30-38, May 2013.
Section
Articles

References

[1] Negar Ahmadi & Reza Berangi, Symbol Based Modulation Classification using Combination of Fuzzy Clustering and Hierarchical Clustering, An International Journal (SPIJ), Volume (4) : Issue (2)
[2] Negar Ahmadi & Reza Berangi, A Template Matching Approach to Classification of QAM Modulation using Genetic Algorithm, An International Journal (SPIJ) Volume (3): Issue (5)