Pengendali Listrik Rumah Berbasis Cloud Computing

Main Article Content

Nur Iksan
Arief arfriandi

Abstract

Makalah ini membahas mengenai cara untuk mengurangi konsumsi energi pada rumah melalui penyediaan informasi kepada penghuni mengenai penggunaan listrik di rumahnya, dan menyediakan cara yang efektif untuk merespon informasi tersebut. Makalah ini mengusulkan sebuah Sistem Monitoring Listrik Rumah (SMLR). Sensing, monitoring, dan actuating adalah bagian dari SMLR yang berperan penting dalam mengurangi konsumsi energi di rumah dapat diakses melalui web browser dan perangkat mobile. Sistem ini dibangun dalam sebuah platform cloud computing yang menyediakan tools dan mekanisme yang membantu pengembangan aplikasi di lingkungan cloud yang membantu user untuk memonitor dan mengontrol peralatan listrik yang ada dirumah. Hasil Riset ini diharapkan dapat mendorong pengguna untuk mengubah kebiasaan mereka dalam menggunakan listrik. Pengguna akan memperhatikan penggunaan listrik mereka karena mereka sadar untuk menggunakan listrik se-efisien mungkin. Semakin banyak listrik yang dihemat, semakin sedikit mereka menghabiskan uang untuk membayar tagihan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Iksan and A. arfriandi, “Pengendali Listrik Rumah Berbasis Cloud Computing”, INFOTEL, vol. 7, no. 1, pp. 53-60, May 2015.
Section
Articles

References

[1] C.-H. Lien, "Remotely Controllable Outlet System for Home Power Management," in Tenth International Symposium on Consumer Electronics, Petersburg , 2006.
[2] M. G. Golzar, "A New Intelligent Remote Control System for Home Automation and Reduce Energy Consumption," in Fourth Asia International Conference on Mathematical/Analytical Modelling and Computer Simulation, 2010.
[3] X. Huaiyu, "Remote Control System Design based on Web Server for Digital Home," in Ninth International Conference on Hybrid Intelligent Systems, 2009.
[4] H. Gu, "The Design of Smart Home Platform Based on Cloud Computing," in International Conference on Electronic & Mechanical Engineering and Information Technology, 2011.
[5] I. Hong, "Cloud Computing-based Building Energy Management System with ZigBee Sensor Network," in Sixth International Conference on Innovative Mobile and Internet Services in Ubiquitous Computing, 2012.
[6] N. Iksan and A. Arfriandi, "Pengembangan Sistem Monitoring Listrik Rumah Berbasis Cloud Computing," in Seminar Nasional Ilmu Komputer, Semarang, 2014.