Aplikasi Perhitungan Perencanaan Radar Dengan Java (J2ME) Menggunakan Handphone

Main Article Content

Eka Wahyudi
Taufan Faozi Rachman

Abstract

Radio Detection and Ranging (Radar) merupakan sistem pengideraan jauh dengan sensor aktif. Bagian penting radar terdiri dari transmitter (Tx) yang dihubungkan dengan antenna transmitting yang mengirimkan gelombang elektromagnetik ke target, receiver (Rx) yang dihubungkan dengan sebuah antenna receiving akan menerima gelombang hasil pantulan dari target radar. Bagian output dari terminal transmitter akan menghasilkan sebuah persamaan sinyal S(t). Antenna Tx akan mengkonversi sinyal tersebut dan mengarahkan sinyal radio menuju target. Sinyal yang menuju ke target akan menabrak target. Dengan karakteristik target radar sebagian sinyal tersebut dipantulkan kembali menuju antenna penerima radar. Persamaan sinyal hasil pantulan, Sr(t) akan diterima antenna penerima radar dan diteruskan ke bagian penerima. Bagian penerima radar selanjutnya menganalisa persamaan sinyal Sr(t) sehingga dapat menganalisa dimana keberadaan dan jarak dari target radar. Java adalah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk program aplikasi perhitungan perencanann radar ini. Java memiliki sifat portable atau tidak tergantung pada platform. Dengan begitu Java dikenal dengan istilah 'write once, run everywhere', yang berarti kode program hanya ditulis sekali, namun dapat dijalankan dibawah platform manapun tanpa harus melakukan perubahan kode program. Hand phone yang memenuhi platform standar MIDP 2.0 dan CLDC 1.1 yang dapat digunakan untuk menjalankan program ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Wahyudi and T. Rachman, “Aplikasi Perhitungan Perencanaan Radar Dengan Java (J2ME) Menggunakan Handphone”, INFOTEL, vol. 1, no. 2, pp. 44-54, Nov. 2009.
Section
Articles

References

[1] Robert, G. Winch. 1993, Telecommunication Transmission System Microwave, Fiber Optic, Mobile Cellular Radio, Data\and Digital Multiplexing. Singapore.
[2] Byron Edde. 1993, Radar : Principles, Technology and Applications. Prentice-Hall, Inc.
[3] Peyton Z. Peebles, Jr. Ph. D. 1998, Radar Priciples. Canada.
[4] Freeman, Roger L. 1998, Telecommunication Transmition Handbook Fourth Edition. New York.
[5] Kadir, Abdul. 2003, Dasar Pemrograman JAVA 2. Yogyakarta, Penerbit ANDI.
[6] Haryono, A dkk. 2007, Tuntunan Pemrograman JAVA untuk Handphone. Bandung, Penerbit Informatika.
[7] Pamungkas, Wahyu. 2007, Materi Kuliah Radar. Purwokerto.
[8] http://media.diknas.go.id/media/doc ument/4743.pdf (22 Desember 2008, 19.45 wib)
[9] http://mobilezoo.biz/homepagemob ile.php?manuf=nokia&handset=6630 (17 November 2008, 22.17 wib).
[10] http://mobilezoo.biz/homepagemob ile.php?manuf=sonyericsson&handse t=K320i (17 November 2008, 22.12 wib)