Pemanfaatan Komputer Pentium II Sebagai PC Router Dengan Linux Freesco Di SMK Negeri 1 Bawang

Main Article Content

Adnan Purwanto
Alfin Hikmaturokhman
Aril Apria Susanto

Abstract

Seiring semakin berkembangnya sistem operasi dan perangkat lunak komputer sekarang ini, maka berkembang pula perangkat keras komputer yang dibutuhkan untuk kebutuhan tersebut. Komputer-komputer lama yang tidak mendukung sistem operasi yang baru pun akhirnya terabaikan dan tidak digunakan. Namun komputer-komputer tersebut dapat dipergunakan kembali sebagai router. Linux Freesco adalah salah satu aplikasi router yang dapat digunakan sebagai alternatif pembuatan router yang berbasiskan komputer 386 dengan menggunakan resource yang kecil tetapi mempunyai kemampuan yang powerfull sebagai router. Linux Freesco merupakan sebuah proyek open source yang mengijinkan penggunanya untuk dapat mendistribusikan kembali dan memodifikasinya secara bebas tanpa harus membayar lisensi. Walaupun berbasis teks namun Linux Freesco dirancang untuk memudahkan penggunanya dimana semua perintah yang ada pada Linux Freesco dibuat secara interaktif.  Penelitian ini mengimplementasikan Linux Freesco sebagai router di SMK Negeri 1 Bawang dan dikomparasikan dengan Linux Depdiknux yang sudah terpasang di SMK Negeri 1 Bawang. Dari hasil komparasi ternyata kemampuan Linux Freesco sebagai router sebanding dengan Linux Depdiknux yang sudah terpasang di SMK Negeri 1 Bawang, sehingga Linux Freesco dapat dijadikan router alternatif di SMK Negeri 1 Bawang dengan memanfaatkan komputer-komputer Pentium II yang tidak terpakai di SMK Negeri 1 Bawang. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Purwanto, A. Hikmaturokhman, and A. Susanto, “Pemanfaatan Komputer Pentium II Sebagai PC Router Dengan Linux Freesco Di SMK Negeri 1 Bawang”, INFOTEL, vol. 2, no. 1, pp. 1-12, May 2010.
Section
Articles

References

[1]. Daulay, Melvin Syafrizal.2007. Modul Teori Jaringan Komputer: Modul_jaringan_komputer.doc.
[2]. Dingetje. 2003. Freesco Dokuwiki: http://dingetje.homeip.net/dokuwiki/freesco/manuals/ (diakses 22 April 2009)
[3]. Fredrik, 2008. Freesco Tutorial: http://bakskuru.se/fredrik/freesco/af ib/index.html (diakses 11 November 2008)
[4]. Jokersteve.2009. Pengetahuan Tentang Router: http://www.jasakom.com/forum/vie wtopic.php?f=162&t=5733&sid=3c fb89eff5944a20c46c6c1caaf42c82.
[5]. Forum Jasakom. (diakses 8 Juni 2008) Mustafa, Khalid. 2006. Depdiknux Linux untuk Jardiknas dan ICT Center: depdiknux_install_pdf.pdf
[6]. Nugraha, Dindin. 2003. FREESCO (Free CISco): Linux Untuk PC Router: www.ilmukomputer.com. IlmuKomputer.
[7]. Storozhebykh, Serge V. 2002. Freesco Manual 0.30 (English): en-030man.zip.Freesco.Org.
[8]. Sudirman, Ivan. 2003. Sejarah Komputer: ivansudirman-sejarahkomputer.pdf. IlmuKomputer.com
[9]. Susanto, Irwan. 2004. Panduan Penulisan Tugas Akhir : Purwokerto. Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra.
[10]. Wagito. 2005. Jaringan Komputer Teori dan Implementasi Berbasis Linux: Yogyakarta. Gava Media