Perencanaan Optical Multiplexer Untuk Layanan Data Dan POTS Di Politeknik TEDC Bandung

Main Article Content

Ridha Muldina Negara
Asep Mulyana
I Putu Yasa

Abstract

Teknologi OMUX (Optical Multiplexer) merupakan salah satu solusi yang ditawarkan Telkom Bandung saat ini. OMUX adalah suatu teknologi akses yang dikategorikan sebagai Broadband Access yang ditransmisikan melalui media fiber optik. OMUX merupakan perangkat multiplexer penjembatan layanan data dan POTS melalui media serat optik yang dibuat dengan sangat fleksibel berbentuk modul. Dalam Penelitian ini dilakukan perencanaan teknologi OMUX untuk layanan data dan POTS di Politeknik TEDC Bandung dengan cara melakukan perbandingan teknologi OMUX dengan salah satu dari teknologi pengembangan dari PON yaitu GPON (Gigabit PON). Perbandingan ini dilakukan untuk mengkaji implementasi OMUX sebagai teknologi paling tepat dan efisien diterapkan di pelanggan coorporate Telkom Bandung. Pengambilan keputusan adalah berdasarkan hasil perbandingan pengukuran parameter, analisis kebutuhan, kelebihan dan kekurangan masing-masing teknologi. Adapun parameter teknis yang dibahas adalah Power Link Budget, Rise Time Budget, spesifikasi perangkat dan Redaman. Dari hasil pengukuran parameter teknis dan analisa dapat dilihat bahwa teknologi OMUX dan GPON memenuhi persyaratan layanan broadband serta memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nilai margin daya dan rise time jaringan menggunakan OMUX lebih besar dibandingkan dengan menggunakan GPON. Sehingga teknologi yang dipilih adalah OMUX untuk kampus Politeknik TEDC Bandung yang terletak di wilayah suburban dan tidak banyak kemungkinan pengguna akses broadband. Keputusan ini juga diambil berdasarkan pertimbangan effort yang dibutuhkan dan waktu instalasi (Time to Delivery Market). 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Negara, A. Mulyana, and I. P. Yasa, “Perencanaan Optical Multiplexer Untuk Layanan Data Dan POTS Di Politeknik TEDC Bandung”, INFOTEL, vol. 2, no. 1, pp. 28-42, May 2010.
Section
Articles

References

[1] A. Bilhaq, Tugas Akhir : Perancangan Jaringan Optik untuk Layanan Internet Menggunakan Teknologi GPON Studi Kasus Gedung Wisma Lippo Bandung , IT Telkom, 2009.
[2] Agrawal, P. Govind., Fiber-Optic Communication Systems, WileyInterscience Publication, 1992.
[3] Allard, Frederick C., Fiber Optics Handbook For Engineers and Scientists, Mcgraw-Hill Publishing Company, New York.
[4] Anggoro, Sigit, Jaringan Komputer Data Link, Network & Issue, Teknik Sistem Komputer Elektroteknik, ITB, 2000.
[5] Ash-shiddiqy., Hasby, Perancangan Teknologi Dense Wavelength Division Multiplexing (DWDM) untuk Fiber Optik Multi Area Bandung, 2008
[6] CTC union, User Manual Fiber Optical Multiplexer (FMUX-01A), CTC Union Technologies Co.Ltd, Taiwan, 2006.
[7] E. Green, Paul Jr., Fiber To The Home The New Empowerment, Wiley Survival Guides in Engineering and Science, 2006.
[8] Fiber-Optic Communication System, Govind P Agrawal, Wiley Interscience, 1992
[9] Komang, Luh, Migrasi Jaringan TDM menuju jaringan IP (Studi Kasus PT.TELKOM Multimedia Bandung), STTTelkom, Bandung, 2006