Aplikasi Perhitungan Pembiasan DC Pada Transistor Dwi Kutub NPN Dengan Visual Basic 6.0

Main Article Content

Arief Hendra Saptadi
Eka Wahyudi
Chandra AP Simorangkir

Abstract

Transistor dwi kutub (Bipolar Junction Transistor) adalah salah satu komponen semikonduktor yang sering digunakan dalam rangkaian penguat (amplifier). Untuk menjaga agar komponen ini dapat bekerja di dalam titik operasinya (operating point), maka diperlukan rangkaian pembiasan dengan pengaturan tertentu, yaitu Bias Basis, Bias Bagi Tegangan, Bias Kolektor dan Bias Emitter. Perancangan rangkaian tersebut lazimnya menggunakan perhitungan manual sesuai teori dengan bantuan alat hitung (kalkulator). Proses perancangan ini membutuhkan waktu yang relatif lama dan sangat rentan terjadi kesalahan prosedur perhitungan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang perangkat lunak perhitungan rangkaian pembiasan transistor dwi kutub dengan Visual Basic 6. Proses perancangan meliputi pembuatan form, pembuatan basis data (database), penulisan kode sumber (coding), desain laporan (report) dan kompilasi. Dari hasil uji coba diketahui bahwa tingkat kesalahan (error) untuk perhitungan seluruh parameter dari 4 jenis rangkaian pembiasan adalah 1,18%, sehingga disimpulkan layak digunakan. Hasil perhitungan juga dapat disajikan secara visual dalam rangkaian. Ditinjau dari sifat perangkat lunak ini sebagai aplikasi komputer, maka terdapat kelemahan dari sisi kepraktisan penggunaan, meski proses perhitungan dapat dilakukan relatif cepat. Selain itu, aplikasi ini masih memerlukan perbaikan dalam menu bantuan (help menu), penggunaan satuan dan faktor pengali.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Saptadi, E. Wahyudi, and C. A. Simorangkir, “Aplikasi Perhitungan Pembiasan DC Pada Transistor Dwi Kutub NPN Dengan Visual Basic 6.0”, INFOTEL, vol. 2, no. 1, pp. 43-55, May 2010.
Section
Articles

References

[1]. Andersen, Virginia. 2007. Microsoft Office Access 2007: The Complete Reference. McGraw Hill Osborne Media.
[2]. Boylestad, Robert. Nashelsky, Louis. 1998. Electronic Devices and Circuit Theory (Seventh Edition). Prentice Hall.
[3]. Floyd, Thomas L. 2005. Electronic Devices, Conventional Current Version, International Edition. Pearson Prentice Hall.
[4]. Groh, Michael R. Stockman, Joseph C. Powell, Gavin. Prague, Cary N. Irwin, Michael R. Reardon, Jennifer. 2007. Access 2007 Bible. Wiley.
[5]. Himpe, Vincent. 2002. Visual Basic for Electronics Engineering Applications. Vincent Himpe (Public Domain).
[6]. Holzner, Steven. 1998. Visual Basic 6 Black Book. The Coriolis Group.
[7]. Miller, Wilhelm. Robbins, Allan H. 2003. Circuit Analysis: Theory and Practice. Third Edition. Thomson Delmar Learning. Jakarta.
[8]. Peck, George. 2001. Crystal Reports 8.5: The Comprete Reference. McGraw Hill Osborne Media.
[9]. Perry, Greg. 1999. Sams Teach Yourself Visual Basic 6 in 21 Days, Professional Reference Edition. MacMillan Computer Publishing.
[10]. Siler, Brien. Spotts, Jeff. 1998. Special Edition Using Visual Basic 6. Que