Analisis Kualitas Jaringan 2G Pada Frekuensi 900MHz Dan 1800MHz Di Area Purwokerto

Main Article Content

Alfin Hikmaturokhman
Wahyu Pamungkas
Muhamad Alwi Sibro Malisi

Abstract

Teknologi 2G GSM masih banyak digunakan untuk komunikasi selular pada layanan suara maupun data. Performansi jaringan sangat berpengaruh terhadap layanan komunikasi yang digunakan. Drive test merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengamati performansi jaringan dari sisi penerima. Penelitian ini membahas tentang bagaimana cara pengamatan performasi jaringan dengan metode drive test single site. Parameter yang diamati untuk mengetahui performansi suatu jaringan 2G adalah Rx Level, Rx Qual, SQI dan Throughput. Rx Level yaitu digunakan untuk pengamatan level sinyal penerima dari BTS. Rx Qual digunakan untuk menentukan kualitas sinyal penerima. SQI merupakan nilai indikator dari kualitas layanan suara. Throughput menampilkan nilai pengamatan layanan data hasil download dan upload. Hasil pengamatan dari drive test single site ini memperoleh nilai level sinyal atau Rx Level ? -85 dBm dapat mencapai 80% untuk frekuensi 900 MHz sedangkan pada frekuensi 1800 MHz memperoleh 74,95%, Rx Qual dari range 0-3 memperoleh 26,58% pada frekuensi 900 MHz dan 33,81% pada frekuensi 1800 MHz. Nilai throughput maksimum dapat mencapai target 60 Kbps pada penggunaan download GPRS dan 90 Kbps untuk penggunaan download EDGE, sedangkan nilai throughput upload dapat mencapai 30 Kbps pada GPRS dan 60 Kbps pada EDGE. Nilai maksimum throughput download maupun upload pada jaringan 2G di BTS Teluk masih dalam keadaan normal dengan melihat hasil nilai maksimum throughput berdasarkan Key Performance Indicator (KPI).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Hikmaturokhman, W. Pamungkas, and M. Malisi, “Analisis Kualitas Jaringan 2G Pada Frekuensi 900MHz Dan 1800MHz Di Area Purwokerto”, INFOTEL, vol. 5, no. 2, pp. 1-9, Nov. 2013.
Section
Articles

References

[1] Edi S. Mulyanta, Kupas Tuntas Telepon Selular Anda. Yogyakarta, Indonesia: ANDI, 2005.
[2] Riana Puspita Dewi, "Analisis Optimalisasi Kapasitas Trafik Dengan Multiband Cell (MBC) Pada Jaringan GSM Di PT. XL AXIATA, Tbk. Purwokerto," Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Purwokerto, Purwokerto, 2011.
[3] Gunawan Wibisono, Uke Kurniwan Usman, and Gunadi Dwi Hantoro, Konsep Teknologi Seluler. Bandung: Informatika Bandung, 2008.
[4] Tri Devi Septyani, "Analisis Proses Pindah Tangan (Handover) Ditinjau Dari Level Daya Sinyal Terima Studi Kasus Pada PT. Telkomsel Grapari Purwokerto," Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Purwokerto, Purwokerto, 2007.
[5] Luthfiana, "Analisa Penerapan Teknologi UMTS Untuk Mengatasi Permasalahan Kapasitas Pada Jaringan 3G (GSM) Studi Kasus Di PT. Indosat Tbk. Purwokerto," Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Purwokerto, Purwokerto, 2012.
[6] Dedy Kurniawan Sukarno, "Analisis Proses Pindah Tangan (Handover) Ditinjau Dari Parameter Kualitas Sinyal Pada Frekuensi Dan Daerah Kerja Jaringan Sistem Seluler GSM PT.Exelcomindo," Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Purwokerto, Purwokerto, 2006.
[7] Nur Akhmadi, "Analisis Kualitas Jaringan High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) Dengan Metode Drive Test Indoor Di Area Surabaya," Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom, Purwokerto, 2013.