Perencanaan Kebutuhan Pengembangan Sistem Informasi Studi Kasus : Perpustakaan Daerah Kota XYZ

Main Article Content

Paramita Mayadewi

Abstract

Perpusda Kota XYZ merupakan organisasi nirlaba yang memberikan layanan kepada masyarat dengan menyediakan buku-buku sebagai sumber informasi.  Dalam pencapaian tujuan Perpusda Kota XYZ untuk mewujudkan penyelenggaraan Perpusda sebagai pusat kegiatan belajar masyarakat serta sebagai sarana sumber informasi, diperlukan rencana sistem informasi yang sejalan dengan tujuan organisasi. Kegagalan implementasi sistem informasi dalam organisasi sering terjadi akibat ketidaksesuaian sistem informasi dengan tujuan dan sasaran bisnis organisasi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan strategi pengembangan sistem informasi bagi Perpusda Kota XYZ utuk mengidentifkasi kebutuhan aplikasi yang diperlukan yang dapat mendukung tujuan organisasi. Perencanaan strategi dilakukan dengan menggunakan tools analisis seperti analisis PEST, SWOT, Value Chain, dan Business System Planning.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
P. Mayadewi, “Perencanaan Kebutuhan Pengembangan Sistem Informasi”, INFOTEL, vol. 6, no. 1, pp. 29-36, May 2014.
Section
Articles

References

[1] Ward, Jhon and Pepard, Joe, "Strategic Planning for Information Systems", John Wiley & Sons, Inc, 2002.
[2] Porter, Michael, E, "Competitive Advantage – Creating Sustaining Superior Performance", New York:The Free Press. 1985.
[3] IBM, Business Systems Planning (Information System Planning Guide) International Business Machines Corporation, 1981.