Rancang Bangun Sistem Presensi Mahasiswa Berbasis Fingerprint Client Server

Main Article Content

Decki Noor Cahyadi
Tenia Wahyuningrum
Irwan Susanto

Abstract

Presensi mahasiswa merupakan salah satu peran penting dalam kegiatan belajar dan mengajar. Sistem Presensi melalui SIMAK di ST3 Telkom memiliki beberapa kekurangan, yaitu memerlukan waktu khusus untuk memanggil mahasiswa satu persatu, juga memiliki celah kecurangan, jika dosen yang bersangkutan tidak mengenali wajah mahasiswa, sehingga ada kemungkinan mahasiswa mengaku sebagai mahasiswa lain. Berdasarkan hasil analisa, ditawarkan sebuah inovasi baru untuk Sistem Presensi menggunakan fingerprint berbasis client server. Dalam pembangunan Sistem Presensi ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall, DBMS Microsoft Access dan Visual Basic 6.0 sebagai bahasa pemrogramannya. Hasil pengujian menunjukkan sistem informasi presensi sudah dapat berjalan dengan baik. Output sesuai dengan rancangan yang telah dibuat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Cahyadi, T. Wahyuningrum, and I. Susanto, “Rancang Bangun Sistem Presensi Mahasiswa Berbasis Fingerprint Client Server”, INFOTEL, vol. 6, no. 1, pp. 43-48, May 2014.
Section
Articles

References

[1] Albab, Ulil. 2010. "Laporan Tugas Akhir Rancang Bangun Aplikasi Sistem Presensi guru dan Karyawan Menggunakan Visual Basic 6.0 dan MySQL di MTs Darul Ulum Cilacap". Akademik Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Purwokerto.
[2] Al Fatta, H., 2007. "Analisis Perancangan Sistem Informasi untuk keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern". Andi Offset, Yogyakarta.
[3] Annymmous. 2010. "Microsoft Access 2007 Pengenalan Database Tabel Relationship Form".
http://www2.ukdw.ac.id/kuliah/info/TI2023/Modul07A.pdf diakses tanggal 23 Juni 2012
[4] Harianto,B. 2004. "Rekayasa Sistem Berorientasi Objek". Informatika. Bandung
[5] Wadhyarini. 2010. "Analisis dan Perancangan Sistem Presisnsi Karyawan Menggunakan Sidik Jari di Aba YIPK Yokyakarta". Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amikom Yogyakarta.
http://repository.amikom.ac.id/files/publikasi_08.21.0379.pdf diakses pada tanggal 4 mei 2012