Perancangan Film Pendek Animasi 3 Dimensi Legenda Desa Penyarang
Main Article Content
Abstract
Legenda merupakan cerita prosa rakyat, yang dianggap oleh empunya cerita sebagai suatu kejadian yang sungguh-sungguh pernah terjadi. Cerita rakyat adalah bagian dari kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki setiap bangsa. Cerita rakyat di Indonesia memiliki beragam cerita yang sangat menarik, salah satunya adalah Legenda desa Penyarang. Legenda desa Penyarang adalah salah satu cerita rakyat yang berasal dari desa Penyarang, kecamatan Sidareja, kabupaten Cilacap. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan terhadap warga di kabupaten Cilacap didapatkan data bahwa beberapa masyarakat tidak mengetahui tentang legenda tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan kembali cerita rakyat Legenda desa Penyarang kepada masyarakat adalah melalui film animasi. Penelitian ini menyajikan tentang perancangan animasi 3 dimensi tentang Legenda desa Penyarang dan dampaknya bagi masyarakat di sekitar desa tersebut setelah film animasi tersebut berhasil dibuat dan disosialisasikan. Ada tiga tahap penting dalam proses perancangan animasi 3 dimensi dalam penelitian ini yaitu Pra Produksi, Produksi, dan Pasca Produksi. Hasil akhir dari penelitian berupa video yang dapat digunakan tidak hanya untuk disosialisasikan di sekitar desa Penyarang, namun dapat digunakan secara lebih luas lagi
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
[2] James Danandjaja, Folklore Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti, 2002.
[3] Suryajaya, Pamela, and Dyah Gayatri Puspitasari. "PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL FILM ANIMASI PENDEK "DEWI YANG KESEPIAN"." HUMANIORA 2.1 (2011): 608-619.
[4] Wijaya, Fenny, and Dyah Gayatri Puspitasari. "PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL FILM ANIMASI PENDEK "SITIHA DAN SISITI"." HUMANIORA 1.2 (2010): 489-500.
[5] Handani, Sitaresmi Wahyu, Shima Utami, and Dinar Kusmira. "VISUALISASI PENCEMARAN AIR MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI INFOGRAFIS." Telematika 10.1 (2017).
[6] Syahfitri, Yunita. "Teknik Film Animasi Dalam Dunia Komputer." Journal Saintikom 10 (2011).
[7] Handani, S.W., Suyanto, M. and Sofyan, A.F., Penerapan Konsep Gamifikasi Pada E-Learning Untuk Pembelajaran Animasi 3 Dimensi. Telematika, 9(1). 2016.
[8] Aditya. Trik Dahsyat Menjadi Animator 3D Andal. Yogyakarta : Andi Offset. 2009
[9] APRIYANI, Meyti Eka; GUSTIANTO, Robie. Augmented Reality sebagai Alat Pengenalan Hewan Purbakala dengan Animasi 3D menggunakan Metode Single Marker. JURNAL INFOTEL, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 47-52, may 2015
[10] Ahmed, Satish. 3D Animation: Don’t Drink and Drive. International Journal Service, Science and Technology Vol.8, No.1. 2015