Evaluasi User Interface Video Interaktif Manusia Purba dengan Menggunakan Metode Heuristik
Main Article Content
Abstract
Aplikasi video interaktif mengenai manusia purba didesain dan diimplementasikan bertujuan agar materi mengenai manusia purba yang salah satu tujuannya ialah menjadi bagian dari alat peraga di museum tertentu memiliki tampilan yang lebih interaktif dan tidak melupakan unsur pendidikan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mendapatkan pengalaman baru dalam pembelajaran dan memotivasi pengguna untuk menyukai pengetahuan sejarah. Proses evaluasi pada aplikasi ini dilakukan untuk mengenali masalah-masalah usability pada rancangan antarmuka, metode yang digunakan yaitu evaluasi heuristik berdasarkan 10 panduan kriteria yang dikembangkan oleh Jacob Nielsen. Langkah-langkah dalam melakukan evaluasi ini adalah menentukan kriteria evaluator, melakukan evaluasi dan menganilisi hasil evaluasi. Setelah dilakukan evaluasi, evaluator menemukan 8 isu permasalahan interface usability dan desain konten sebagai bahan perbaikan dan pengembangan produk.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
[2] Sharp, Helen, Rogers, Yvonne dan Jenny Preece. Interaction design: beyond human – computer interaction. Chapter 1, 2007.
[3] Robin, Bernard R. The Educational Uses of Digital Storytelling. http://digitalliteracyintheclassroom.pbworks.com/f/Educ-Uses-DS.pdf. 9 November 2014, 11.15 WIB.
[4] Rogers, Yvonne, Sharp Helen, and Preece Jenny, Interaction Design beyond Human Computer Interaction. Second Edition, Chapter 11. 2007.
[5] Nielsen, Jacob. Heuristic Evaluation. Artikel. 2005.. http://www.useit.com/papers/heuristic/. ISSN 1548-5552.