Evaluasi User Interface Video Interaktif Manusia Purba dengan Menggunakan Metode Heuristik

Main Article Content

Emi Iryanti

Abstract

Aplikasi video interaktif mengenai manusia purba didesain dan diimplementasikan bertujuan agar materi mengenai manusia purba yang salah satu tujuannya ialah menjadi bagian dari alat peraga di museum tertentu memiliki tampilan yang lebih interaktif dan tidak melupakan unsur pendidikan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mendapatkan pengalaman baru dalam pembelajaran dan memotivasi pengguna untuk menyukai pengetahuan sejarah. Proses evaluasi pada aplikasi ini dilakukan untuk  mengenali masalah-masalah usability pada rancangan antarmuka, metode yang digunakan yaitu evaluasi heuristik berdasarkan 10 panduan kriteria yang dikembangkan oleh Jacob Nielsen. Langkah-langkah dalam melakukan evaluasi ini adalah menentukan kriteria evaluator, melakukan evaluasi dan menganilisi hasil evaluasi. Setelah dilakukan evaluasi, evaluator menemukan 8 isu permasalahan interface usability dan desain konten sebagai bahan perbaikan dan pengembangan produk.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Iryanti, “Evaluasi User Interface Video Interaktif Manusia Purba dengan Menggunakan Metode Heuristik”, INFOTEL, vol. 6, no. 2, pp. 89-94, Nov. 2014.
Section
Articles

References

[1] Nielsen, Jacob. Introduction to Usability. Artikel. 2012. http://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/, 14 November 2014, 10.00 WIB.
[2] Sharp, Helen, Rogers, Yvonne dan Jenny Preece. Interaction design: beyond human – computer interaction. Chapter 1, 2007.
[3] Robin, Bernard R. The Educational Uses of Digital Storytelling. http://digitalliteracyintheclassroom.pbworks.com/f/Educ-Uses-DS.pdf. 9 November 2014, 11.15 WIB.
[4] Rogers, Yvonne, Sharp Helen, and Preece Jenny, Interaction Design beyond Human Computer Interaction. Second Edition, Chapter 11. 2007.
[5] Nielsen, Jacob. Heuristic Evaluation. Artikel. 2005.. http://www.useit.com/papers/heuristic/. ISSN 1548-5552.