Aplikasi Berbasis Web Pendeteksi Plagiarisme Menggunakan Algoritma Himpunan Kata

Main Article Content

Ismail Ismail
Eka Widhi Yunarso

Abstract

Plagiarisme adalah penggunaan tulisan orang lain dalam tulisan sendiri tanpa memberikan kredit terhadap penulis asli. Tindakan ini membuat pembaca menganggap tulisan tersebut asli dan bukan kutipan. Plagiarisme melanggar kode etik dalam karya ilmiah. Untuk itu, adanya aplikasi yang membantu mendeteksi potensi plagiarisme sebuah tulisan sangatlah penting. Paper ini menguraikan hasil implementasi aplikasi berbasis web pendeteksi plagiarisme menggunakan algoritma berbasis himpunan kata dari Küppers. Oleh karena tidak adanya corpus Bahasa Indonesia untuk evaluasi algoritma pendeteksi plagiarisme, pengujian tidak dievaluasi menggunakan penilaian standar, seperti recall, precision, dan granularity. Hasil pengujian ditunjukkan dengan nilai yang menjadi ukuran kemiripan dokumen yang diuji dengan dokumen lain yang ada di basisdata. Secara rata-rata, didapatkan nilai potensi sebesar 0,8 untuk paragraf-paragraf yang sama persis, 0,6 untuk paragraf yang merupakan hasil pengubahan kata atau tanda baca, dan 0,4 untuk paragraf-paragraf yang merupakan hasil penulisan ulang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Ismail and E. Yunarso, “Aplikasi Berbasis Web Pendeteksi Plagiarisme Menggunakan Algoritma Himpunan Kata”, INFOTEL, vol. 6, no. 2, pp. 95-101, Nov. 2014.
Section
Articles

References

[1] Küppers, Robin, dan Stefan Conrad. 2012. "A Set-Based Approach to Plagiarism Detection." CLEF (Online Working Notes/Labs/Workshop).
[2] Meuschke, Norman, dan Bela Gipp. 2013. "State-of-the-art in detecting academic plagiarism." International Journal for Educational Integrity 9.1
[3] Potthast, Martin, et al. 2013. "Overview of the 5th International Competition on Plagiarism Detection." CLEF (Online Working Notes/Labs/Workshop).
[4] Zu Eissen, Sven Meyer, dan Benno Stein. 2006. "Intrinsic plagiarism detection." Advances in Information Retrieval. 565-569.
[5] Potthast, Martin, et al. 2012. "Overview of the 4th International Competition on Plagiarism Detection." CLEF (Online Working Notes/Labs/Workshop).
[6] Potthast, Martin, et al. 2010. "An evaluation framework for plagiarism detection." Proceedings of the 23rd international conference on computational linguistics: Posters. Association for Computational Linguistics.