Faktor - Faktor Keberhasilan Proses Virtualisasi Dalam Perspektif E-Commerce Di Indonesia

Main Article Content

Mohammad Rustam Sandegi

Abstract

Perkembangan dunia IT di Indonesia yang semakin pesat sehingga semakin menggantikan berbagai kegiatan yang dilakukan secara tradisional mulai perlahan berpindah ke arah virtual, termasuk salah satunya adalah di bidang perdagangan yang sekarang dikenal dengan e-commerce, perkembangan dan animo masyarakat dalam menggunakan e-commerce bisa dilihat dari mulai banyaknya perusahaan besar baik lokal maupun internasional berusaha masuk dan menguasai pasar online di Indonesia, kucuran dana yang tidak sedikit kerap kali diberitakan oleh media nasional untuk perusahaan-perusahaan e-commerce tanah air. Tentu dengan harapan dapat menguasai atau minimal bertahan di persaingan bisnis e-commerce di Indonesia, untuk itu harus memperhatikan beberapa faktor apa saja mengapa orang memiliki minat untuk melakukan transaksi online. Hasil dari penelitian ini memberikan model keberhasilan proses virtualisasi dilihat dari perspektif e-commerce dengan memperhatikan minat belanja online.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Sandegi, “Faktor - Faktor Keberhasilan Proses Virtualisasi Dalam Perspektif E-Commerce Di Indonesia”, INFOTEL, vol. 9, no. 2, pp. 193-197, May 2017.
Section
Articles

References

[1] APJII, 2016. Survey Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia, (https://apjii.or.id/content/read/39/264/Survei-Internet-APJII-2016, diakses 11 April 2017)
[2] Overby, E. 2008. Process virtualization theory and the impact of information technology. Organ. Sci. 19(2) 277–291.
[3] Aberg, J dan Shahmehri, N.,2000, The Role of Human Web Assistants in E Commerce: an Analysis and a Usability Study, Internet Research: Electronic Networking Applications and Policy, 10(2).
[4] Hoon, Jantavongso, YingLi., (2008), “A Critique: Factors Contributed to the Dotcom Failures”, Idea Group Publishing.
[5] Petra Surya Mega Wijaya dan Christina Teguh., (2012), Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Di Online Shop Specialis Guess JRMB, Volume 7, No.2
[6] Adam Smeait., (2016), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Pada Produk Fashion Melalui Belanja Online, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
[7] Koo, D.M., Kim, J.J. and Lee, S.W., (2008), “Personal Values As Underlying Motives of Shopping Online”, Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 20(2): pp. 156-173.
[8] Hoon, Jantavongso, YingLi., (2008), “A Critique: Factors Contributed to the Dotcom Failures”, Idea Group Publishing.
[9] Chau, P. Y. K. (1997). Reexamining a model for evaluating information center success using a structural equation modeling approach. Decision Sciences, 28(2), 309-334..
[10] Au, G., & Tam, K. Y. (2000). Impact of information presentation modes on online shopping: An empirical evaluation of a broadband interactive shopping service. Journal of organizational Computing and Electronic Commerce, 10(1), 1-22.M. Young, The Technical Writer's Handbook. Mill Valley, CA: University Science, 1989
[11] Henky Prihatna. 2005. Kiat praktis menjadi web master professional. PT.Elex media komputindo. Jakarta.
[12] Forsythe, S and Shi, B., 2003, “ Consumer Patronage and Risk Perceptions in Internet Shopping”, Journal of Bussiness Research, Vol. 56, No. 11, pp. 867-875
[13] Limayem, M., Khalifa, M., & Frini, A. (2000). What makes consumers buy from Internet? A longitudinal study of online shopping. IEEE Transactions on Systems, Man, and Cybernetics – Part A: Systems and Humans, 30 (4), 421-432.
[14] Parasuraman, Zeithaml, and Malhotra (2005). E-S-QUAL: Efficiency, system availability, fulfilment, privacy.