Manajemen Pengetahuan Melalui Web 2.0 (Wikipedia) pada Organisasi Studi Kasus: Himpunan Mahasiswa di Kampus XXX
Main Article Content
Abstract
Himpunan mahasiswa merupakan wadah bagi setiap mahasiswa program studi tertentu yang bertujuan untuk menampung aspirasi setiap anggotanya. Proses berbagi pengetahuan biasanya dilakukan melalui pertemuan langsung yang dilakukan di dalam kelas, diskusi, dan rapat. Sistem manajemen pengetahuan dapat mengelola dan mendokumentasikan semua pengetahuan setiap anggotanya agar proses berbagi pengetahuan tidak terhambat. Penelitian ini mengembangkan sebuah sistem manajemen pengetahuan web 2.0 dengan konsep Wikipedia. Konsep Wikipedia diterapkan untuk memungkinkan setiap anggota organisasi dalam menambah, menghapus, dan memperbaiki isi dari website. Informasi dan pengetahuan yang ada dapat dimanfaatkan dan diperbaharui secara terus menerus oleh sesama anggota organisasi. Proses manajemen pengetahuan yang digunakan pada sistem ini adalah knowledge discovery, knowledge capture dan knowledge sharing. Hasil dari pengujian User Acceptance Test yang telah dilakukan bahwa sistem manajemen pengetahuan telah dapat diterima oleh organisasi dalam membantu anggota organisasi mengembangkan pengetahuan serta mendapatkan pengetahuan yang baru.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
[2] W. K. Sari and K. D. Tania, "Penerapan Knowldge Management System (KMS) Berbasis Web Studi Kasus Bagian Teknisi dan Jaringan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya," Jurnal Sistem Informasi (JSI), vol. 6, 2014.
[3] T. O'Reilly, "What is Web 2.0," 30 September 2005. [Online]. Available: http://www.oreilly.com/pub/a/web2/archive/what-is-web-20.html. [Accessed 12 May 2016].
[4] K. C. Laudon and J. P. Laudon, in Sistem Informasi Manajemen, Edisi 10, Penerbit Salemba Empat, 2008, p. 98.
[5] I. Becerra-Fernandez and R. Sabherwal, Knowledge Management : Systems and Processes, New York: Routledge, 2015.
[6] E. M. Awad and H. M. Ghaziri, Knowledge Management, India: Dorling Kindersley Pvt. Ltd., 2008.
[7] F. R. Lin, C. R. Wang and H. Y. Huang, "Can a Wiki Be Used as a Knowledge Service Platform?," International Conference on Knowledge Management in Organizations: Service and Cloud Computing, Advance in Intelligent Systems and Computing 172, 2013.
[8] H. Umar, Metode Riset Bisnis: Panduan Mahasiswa Untuk Melaksanakan Riset Dilengkapi Contoh Proposal dan Hasil Riset Bidang Manajemen dan Akuntansi, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.
[9] F. Rangkuti, The Power of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek + Analisis Kasus dengan SPSS, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2002.