Perancangan dan Implementasi Modul Praktikum Pengenalan Tata Letak dan Port I/O pada Mother board berbasis Teknologi Augmented Reality
Main Article Content
Abstract
Kemajuan teknologi berbasis komputer berkembang dengan sangat pesat. Seiring dengan perkembangan jaman, kemajuan tersebut memberikan pengaruh terhadap perubahan cara penyampaian pengajaran yang mengarah pada penggunaan jenis media penyampaian. Praktikum merupakan salah satu bentuk pengajaran yang memberikan pengalaman belajar secara nyata terhadap kondisi sebenarnya di lapangan mengenai penggunaan dan implementasi alat praktek yang berhubungan dengan berbagai materi yang dipelajari oleh mahasiswa dan memiliki tujuan untuk memberikan keterampilan dan pengenalan terhadap mahasiswa/peserta didik. Penelitian ini melakukan implementasi teknologi augmented reality terhadap salah satu modul praktikum yaitu pengenalan tata letak hardware dan Port I/O pada motherboard dan bertujuan sebagai alat bantu penyampaian pengajaran praktikum. Pengimplementasian teknologi augmented reality melibatkan aksi oleh user terhadap media penangkapan gambar motherboard menggunakan web camera dan tampilan pemetaan tata letak hardware dan port i/o pada motherboard. Penelitian telah diimplementasikan dan diujicoba terhadap 3 kelas dengan 97 responder. Adapun hasil dari penelitiannya adalah 83% responder menyukai aplikasi, 77% memahami materi, 84,5% menginginkan aplikasi ini menjadi alat bantu ajar, 65,98% meminta materi untuk dilengkapi dan diperbanyak, 77,3% dapat belajar mandiri menggunakan aplikasi ini, tanpa bantuan dari dosen ataupun asisten.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
[2] De Landgraaf, W.A.. Interaction beetween users and augmentad reality system: Human-Computer Interaction of the future, an essay for HCI, Vrije Universiteit Amsterdam. (2003-2004)
[3] Gita, I., Aciek,I.. Perancangan dan Implementasi Media Pendidikan Kesehatan Gigi untuk Anak-anak Berbasis Teknologi Augmented Reality. Publisher: Institut Teknologi Bandung. (2012)
[4] Giva, A.M, Gita, IH, Rini, H. Design and Implementation Learning Media of a Computer Hardware Introduction as a Teaching Tool Based-on Augmented Reality Technology. Conntemporary Engineering Sciences, Vol.7, 2014, no.13 611-616 http://dx.doi.org/10.12988/ces.2014.4667
[5] Pressman, Roger S, Software Engineering, A Practitioner's Approach. 7th edition, The McGraw-Hill Companies, Inc 1221 Avenue of the Americas, NewYork, NY 10020
[6] NN, 2005, 7 Things You Should Know About Augmented Reality, Educase Learning Initiative.
[7] _____________, D'Fusion® 3.2 Technical Description, Total Immersion, http://community.t-immersion.com/, diakses 14 Juli 2012, 04:35 WIB.
[8] _____________, D'Fusion® Augmented Reality Reference Manual, Total Immersion, http://community.t-immersion.com/, diakses 14 Juli 2012, 04:35 WIB.
[9] ______________, D'Fusion® Exporter for 3Ds MAX : Modelling and Constraint, Total Immersion, http://community.t-immersion.com/, diakses 14 Juli 2012, 04:35 WIB.
[10] ______________, D'Fusion® Exporter for 3Ds MAX : User Manual, Total Immersion, 2011, http://community.t-immersion.com/, diakses 14 Juli 2012, 04:35 WIB.
[11] _____________, D'Fusion® Studio user Guide, Total Immersion, http://community.t-immersion.com/, diakses 14 Juli 2012, 04:35 WIB.