Model Infrastruktur dan Manajemen Platform Server Berbasis Cloud Computing

Main Article Content

Mulki Indana Zulfa
Ari Fadli
Yogi Ramadhani

Abstract

Cloud computing adalah teknologi baru yang masih sangat berkembang pesat. Teknologi ini menjadikan internet sebagai media utama untuk mengelola data dan aplikasi secara remote. Teknologi memungkinkan para pengguna untuk menjalankan suatu aplikasi tanpa harus memikirkan aspek infrastruktur dan platform-nya. Aspek teknis lain seperti memory, storage, backup and restore, dapat dilakukan dengan sangat mudah karena semuanya sudah disediakan oleh penyedia jasa cloud. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan memodelkan infrastruktur serta manajemen kebutuhan platform server di jaringan komputer Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman. Tahap pertama dalam penelitian ini adalah studi literatur, dengan mencari tahu model implementasi pada penelitian sebelumnya. Kemudian hasilnya digabungkan dengan pendekatan baru yang disesuaikan dengan resource yang ada dan mencoba mengimplementasikannya langsung di jaringan server yang ada. Hasil percobaan menunjukkan, implementasi teknologi cloud computing mampu menggantikan infrastruktur jaringan yang lama tanpa mengubah kondisi server yang sudah ada sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
M. I. Zulfa, A. Fadli, and Y. Ramadhani, “Model Infrastruktur dan Manajemen Platform Server Berbasis Cloud Computing”, INFOTEL, vol. 9, no. 4, pp. 394-400, Nov. 2017.
Section
Articles

References

[1] Onno W Purbo. Membuat Sendiri Cloud ComputingServer Menggunakan Open Source. Yogyakarta: AndiPublisher.
[2] Alfatih, H. dan R. Marco. Analisis pengembangan danperancangan sistem informasi akademik smart berbasiscloud computing pada sekolah menengah umum negeri(smun) di daerah istimewa yogyakarta. JurnalTelematika. 8(2):63–91.
[3] Onno W Purbo. Petunjuk Praktis Cloud ComputingMengunakan Open Source. http://kambing.ui.ac.id/onnopurbo/ebook/ebookvoip/OWP-20110701-petunjuk-praktis-cloudcomputing-menggunakan-opensource.pdf. Diaksestanggal 1 Februari 2017.
[4] Asniar dan Siska Komala Sari. Pemanfaatan CloudComputing untuk Enterprise Resources Planning diIndonesia. Jurnal Infotel Vol 7 No 1 (2015): Mei 2015.
[5] Iwan Sofana. Cloud Computing Teori dan Praktik(OpenNebula, VMware, dan Amazon AWS). Bandung:Informatika.
[6] Ricky Chandra S, Arie S.M Lumenta, Arthur M.Rumagit. Perancangan Servercloud ComputingMenggunakan Proxmox. E-journal Teknik Elektro danKomputer (2014), ISSN : 2301-8402. Unsrat Manado.
[7] Edwar Ali, Didik Sudyana. Virtualization Technologyfor Optimizing Server Resource Usage. 3rdInternational Conference on Engineering and Technology Development. 2014. ISSN 2301-6590.Bandar Lampung University.
[8] Firmansyah Adiputra. “Container Dan Docker”. TeknikVirtualisasi Dalam Pengelolaan Banyak Aplikasi Web.Jurnal Simantec, Vol. 4 No. 3 Juni 2015, ISSN 2088-2130.
[9] Budi Harijanto, Yuri Ariyanto. Desain dan AnalisisKinerja Virtualisasi Server Menggunakan Proxmox VE.Jurnal Simantec Vol.5 No.1. 2015. ISSN 2088-2130.Polteknik Negeri Malang.
[10] Dua, R., Raja, A. R., & Kakadia, D. Virtualization vsContainerization to support PaaS. InternationalConference on Cloud Engineering (pp. 610–614). 2014.
[11] Scheepers, M. J. Virtualization and Containerization ofApplication Infrastructure : A Comparison. 21stTwente Student Conference on IT (pp. 1–7).Enschede,The Netherlands: University of Twente,Faculty of Electrical Engineer ing, Mathematics and Computer Science.
[12] Sudha, M., Harish, G. M., & Usha, J. PerformanceAnalysis of Linux Containers -An Alternative Approachto Virtual Machines. Software Engineering. 4(1), 820–824. International Journal of Advanced Research inComputer Science and Software Engineering, 4(1), 820–824.