Implementasi Konten E-Learning Mata Kuliah Fisika Studi Kasus: D3 Teknik Komputer, Universitas Telkom
Main Article Content
Abstract
Mata kuliah Fisika yang diselenggarakan oleh program studi D3 Teknik Komputer, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom merupakan mata kuliah dengan pemahaman dasar yang akan digunakan pada mata kuliah lanjutan di semester berikutnya. Salah satu cara untuk memperkuat pemahaman dari mata kuliah ini yaitu dengan cara melakukan visualisasi materi dan penambahan interaktifitas bagi kuliah teori yang biasanya terlalu tekstual. Metode pembelajaran ini dinamakan metode blended learning. Metode ini menggabungkan antara metode konvensional dan konten e-learning sebagai suplemen pemahaman dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menghasilkan konten e-learning untuk digunakan pada penerapan metode blended learning di mata kuliah Fisika, program studi D3 Teknik Komputer, Fakultas Ilmu Terapan. Selain menghasilkan konten e-learning, penelitian ini juga mengukur konten e-learning tersebut dengan menggunakan beberapa aspek pengukuran yang dilihat dari perspektif mahasiswa. Pembangunan konten e-learning pada penelitian ini menggunakan metode Prototype dengan hasil penelitian terbagi dari dua kelompok, yaitu konten pembelajaran serta hasil pengukuran dari aspek user experience dari konten pembelajaran.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
[2] Jonsson, Bo-Anders." A case study of successful e-learning: A web-based distance course in medical physics held for school teachers of the upper secondary level". Journal of Medical Engineering & Physics 27. 2005. pp 571-581. Elsevier.
[3] Assa'idah dan Ariani, Menik. "Metode e-Learning Untuk Peningkatan Hasil Belajar Peserta Kuliah Fisika Komputasi". 2014. Taken from: http://hfi-diyjateng.or.id/
[4] Affath, Siti Nur. "Pengembangan Media Blended Learning Berbasis Web Enhanced Course pada Mata Kuliah Fisika Dasar 2 Jurusan Fisika Unnes". Semarang.2013. Taken from: http://lib.unnes.ac.id/17900/1/4201408087.pdf
[5] Nagel, C. & Wolny, B. "eLearning in the Introductory Physics Lab". In J. Luca & E. Weippl (Eds.), Proceedings of EdMedia: World Conference on Educational Media and Technology 2008. pp. 6009-6014.
[6] Faletič, Sergej, Gorazd Planinšič, and Boris Horvat. "Interactive e-learning content for physics". GIREP-ICPE-MPTL, 2010.
[7] Sriyanti, Ida. "Penerapan Model Blended e-learning Pada Matakuliah Pendahuluan Fisika Zat Padat". In: Seminar Nasional Fisika: Palembang.2012.
[8] Pressman, Roger S. "Software Engineering: A Practitioner’s Approach". 5th edition: McGraw-Hill.