Teknik Migrasi Data Lintas DBMS dengan Menggunakan Metadata

Main Article Content

Wahyu Hidayat
Muhammad Dwi Aldhi
Dahliar Ananda

Abstract

Proses migrasi data biasanya dibutuhkan saat adanya perubahan sistem, format, atau tipe storage. Saat ini telah dikenal beberapa teknik dan kakas untuk melakukan migrasi data, misalnya CSV file, ODBC, SQLDump dan sebagainya. Sayangnya tidak semua teknik tersebut dapat diimplementasikan untuk migrasi data antara dua DBMS yang berbeda. Dalam penelitian ini dipaparkan sebuah teknik migrasi data yang dapat digunakan untuk migrasi data lintas DBMS. Teknik migrasi data yang dipaparkan memanfaatkan metadata yang ada di masing-masing DBMS. Proses migrasi data yang dipaparkan di sini melalui tiga tahap yaitu capture, convert dan construct. Sebuah prototype dibangun untuk menguji teknik migrasi data ini. Dengan menggunakan schema HR dilakukan uji coba migrasi data lintas DBMS antara Oracle dan MySQL. Dengan menggunakan teknik ini, migrasi data full-schema membutuhkan waktu rata-rata 20,43 detik dari DBMS Oracle ke MySQL dan 12,96 detik untuk skenario sebaliknya. Adapun untuk migrasi data parsial dibutuhkan waktu rata-rata 5,95 detik dari DBMS Oracle ke MySQL dan 2,19 detik untuk skenario sebaliknya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
W. Hidayat, M. Aldhi, and D. Ananda, “Teknik Migrasi Data Lintas DBMS dengan Menggunakan Metadata”, INFOTEL, vol. 7, no. 2, pp. 137-142, Nov. 2015.
Section
Articles

References

[1] J. Morris, Practical Data Migration, Swindon: The British Computer Society, 2009.
[2] Trish Rose-Sandler, "Introduction to Data Migration," in Visual Resources Association Conference, Kansas, 2007.
[3] K. Rich, Oracle Database Utilities, 10g Release 2, Oracle, 2005.
[4] Y. Shafranovich, October 2005. Common Format and MIME Type for Comma-Separated-Values[Online]. Available: http://tools.ietf.org/html/rfc4180.
[5] Kingsley Idehen, "Open Database Connectivity," OpenlinkSoftware, Whitepaper 1993. [Online]. http://www.openlinksw.com/info/docs/odbcwhp/tableof/
[6] R. Setiawan and A. Nugroho, "Sistem Pertukaran Data antar Basis Data dengan XML" in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), Yogyakarta, 2005
[7] D.H. Putra and H.A. Wibawa, "Implementasi Interpretive Transformer Approach dalam Migrasi Data sebagai Rangkaian Database Reengineering", Jurnal Masyarakat Informatika Vol. 5 No. 9 p 53-61, 2014.
[8] C. Murray, Oracle SQL Developer Supplementary Information for MySQL Migrations, California: Oracle Corporation, 2008.