Perancangan Sistem Pintu Gerbang dengan Sensor Radio Frequency Identification (RFID) menggunakan Metode Waterfall

Main Article Content

Heru Adi Prasetyo
Elisa Usada

Abstract

Sistem monitoring pada pintu gerbang merupakan bagian yang penting dalam meningkatkan sistem keamanan. Teknologi yang cocok untuk diaplikasikan dipintu gerbang adalah teknologi RFID (Radio Frequency Identification), karena komunikasi antar tag  dengan RFID reader tidak memerlukan kontak langsung, sehingga cocok digunakan pada sistem yang berjalan secara otomatis. Tag RFID dipasang di kendaraan penghuni sebagai kendaraan yang terdaftar di sistem monitoring, sedangkan kendaraan tamu tidak memiliki tag. Model pengembangan perangkat lunak yang dipakai adalah model waterfall, yang terdiri atas analisis kebutuhan sistem, spesifikasi kebutuhan perangkat lunak, desain perangkat lunak (use case, diagram activity, class diagram, danentity relationship diagram), implementasi perangkat lunak (berupa penulisan kode dan implementasi client server), dan pengujian (pengujian alat, pengujian client server, pengujian user requirement, dan pengujian aplikasi). Hasil akhir penelitian ini adalah sistem pintu gerbang yang menggunakan RFID sebagai sensor kendaraan untuk memonitor kendaraan yang keluar masuk. Data kendaraan yang keluar masuk dikelola secara client server dengan antarmuka pengguna berupa aplikasi client server berbasis JAVA

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Prasetyo and E. Usada, “Perancangan Sistem Pintu Gerbang dengan Sensor Radio Frequency Identification (RFID) menggunakan Metode Waterfall”, INFOTEL, vol. 5, no. 2, pp. 24-32, Nov. 2013.
Section
Articles

References

[1] D. Maulana and U. , "Pengendali Pintu Gerbang Otomatis Pada Komplek Perumahan Dengan Menggunakan Kamera Berbasis PC," 2011.
[2] M. Aiyub, "Rancang Bangun Sistem Monitoring Dan Pengendalian Kinerja Pegawai Berbasis Radio Frekuensi Identification (RFID) Pada Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informasi Dan Telematika (Dishubkomintel) Pemerintah Aceh," Banda Aceh, 2011.