Game Sejarah Terbentuknya Kota Samarinda Menggunakan Role Playing Game (RPG) Maker VX Ace
Main Article Content
Abstract
Cerita dan sejarah dari terbentuknya sebuah daerah ataupun sebuah tempat memiliki nilai pembentuk akan suatu pola kehidupan serta budaya masyarakat. Informasi sejarah banyak terdapat di buku dan artikel tetapi kebanyakan informasi tersebut dominan berisi tulisan sehingga membuat minat orang untuk membaca kurang sehingga pada era ini sangat sulit untuk menemukan orang terutama anak-anak yang mengetahui tentang sejarah terbentuknya sebuah daerah ataupun tempat. Game merupakan salah satu media yang selain menghibur, juga dapat digunakan sebagai media informasi dan pembangkit motivasi yang efektif. Atas dasar inilah dibangun sebuah game yang menceritakan terbentuknya salah satu kota di Indonesia yaitu Samarinda dalam game yang berjudul Sejarah Terbentuknya Kota Samarinda. Game Sejarah Kota Samarinda merupakan game berjenis Role Playing Game (RPG) yaitu game yang hampir keseluruhan permainannya didasarkan pada cerita. Game ini dibangun dengan menggunakan sebuah RPG Editor Engine atau mesin pengedit RPG yaitu RPG Maker VX Ace. Storyline game dibangun berdasarkan alur cerita dari sejarah terbentuknya kota Samarinda. Game ini didukung dengan berbagai fitur didalamnya yang terdiri dari berbagai jenis misi dan semtuhan graphic 2d. Setelah game Sejarah Terbentuknya Kota Samarinda dibangun, maka dilakukanlah pengujian untuk mengetahui apakah game berjalan dengan baik sehingga game ini dapat dijadikan sebagai media informasi yang dapat membuat pemain tertarik mempelajari sejarah terbentuknya kota Samarinda. Dari hasil pengujian secara fungsionalitas game ini memenuhi harapan dari peneliti untuk mengemas pendidikan dalam bentuk game
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
[2] Jasson, "Role Playing Game (RPG) Maker," CV ANDY OFFSET, Yogyakarta, 2009.
[3] Haviluddin, "Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language)," Jurnal Informatika Universitas Mulawarman, volume 6, pp 1-15, Universitas Mulawaran, 2011.
[4] Maula, Amiruddin, Syahbandi, dan Achmad Maulana, "Cerita Rakyat Dari Kalimantan Timur", PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.
[5] Ashari M.R.A, "Game RPG Lorong Waktu-Pangeran Diponegor", Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia, Bandung, 2013.
[6] Wibowo dan Aris Setyo,"Pembuatan Game RPG (Pitung : Batavia’s Champion) Menggunakan RPG Maker VX," Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta, Yogyakarta, 2013.
[7] Junaidi, A.R, "Pemrograman Game RPG Maker VX Ace", Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta, Yogyakarta, 2015.
[8] Wulandari, A.D, "Game Edukatif Sejarah Komputer Menggunakan Role Playing Game (RPG) Maker XP Sebagai Media Pembelajaran Di SMP Negeri 2 Kalibawang," Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2012.
[9] Wahyu, C.S, "Membangun Game Mini Car Action 2d : Mobilkom", Universitas Mulawarman, Samarinda, 2015.