Analisis Pemanfaatan Metode Markerless User Defined Target Pada Augmented Reality Sholat Shubuh
Main Article Content
Abstract
Aplikasi augmented reality pada umumnya menggunakan marker khusus untuk menjalankan aplikasi (marker based). Penggunaan marker tersebut membuat aplikasi menjadi ketergantungan, karena aplikasi hanya akan dapat dijalankan jika marker tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk menampilkan objek 3 dimensi pada lingkungan augmented reality tanpa menggunakan marker khusus pada perangkat android. Aplikasi dibuat menggunakan metode markerless user defined target dan melakukan pengujian tentang pemanfaatan metode tersebut menggunakan parameter seperti kontras warna permukaan datar, bentuk objek, jarak, cahaya dan sudut kamera pada saat tracking. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa seluruh benda dapat digunakan pada metode markerless user defined target. Benda terbaik untuk menampilkan objek 3 dimensi adalah permukaan datar kertas dengan kontras bagus, sudut tracking 45°, menggunakan sumber cahaya terang yang tidak tegak lurus dengan marker dan jarak ideal 15 cm sampai 25 cm.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
[2] Permata Sari, Irma. dkk. 2014. Evaluasi Kemampuan Sistem Pendeteksian Objek Augmented Reality secara Cloud Recognition. Jurusan Teknik Elektro dan Teknik Informasi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
[3] Rizki, Yoze. 2007. Markerless Augmented Reality pada Perangkat Android. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri ITS. Surabaya.
[4] User Defined Targets.
https://developer.vuforia.com/library/articles/Training/User-Defined-Targets-Guide.
[5] Al-Qarny, Samir bin Riziq, Muhammad. 2007. Sulitkah Shalat Subuh Tepat Waktu? (diterjemahkan oleh Imtihan Asy Syafi'i). Media Zikir: Solo.
[6] Badan Standardisasi Nasional. 2000. Konservasi Energi pada Sistem Pencahayaan. SNI 03-6197-2000