Rancang Bangun E-Learning Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Berbasis Web Di SMPN 3 Mandiraja

Main Article Content

Eko Puji Utomo
Tenia Wahyuningrum
Arief Hendra Saptadi
Dwi Januarita

Abstract

Makalah ini membahas tentang perancangan dan pembangunan e-learning berbasis web untuk mata pelajaran TIK. Tujuan dibuat web e-learning TIK ini adalah sebagai pelengkap (komplemen) pembelajaran yang sifatnya untuk melengkapi materi pembelajaran, diprogramkan untuk menjadi materi reinforcement (pengayaan) atau remedial bagi peserta didik di dalam mengikuti kebiatan pembelajaran konvensional. Sistem dibangun menggunakan PHP dan database SQL dan dikoneksikan dalam jaringan komputer client-server LAN dengan tujuan agar website yang dibangun menjadi lebih terpusat. Tahapan dalam perancangan dan pembangunan e-learning adalah menggunakan metode waterfall system.Hasil pengujian sistem telah berjalan dengan baik tanpa ada bug/error.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
E. P. Utomo, T. Wahyuningrum, A. Saptadi, and D. Januarita, “Rancang Bangun E-Learning Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Berbasis Web Di SMPN 3 Mandiraja”, INFOTEL, vol. 3, no. 1, pp. 1-6, May 2011.
Section
Articles

References

[1] Herman, Asep, 2010, Mengenal e-learning http://www.jurnalkomputer.com/attachments/008_ PENGENALAN%20E-LEARNING.pdf, diakses tanggal 23 Agustus 2011.
[2] Kurniawan, Wiharsono. 2007. Jaringan Komputer. Yogyakarta:ANDI
[3] Made, W. 2009. Strategi pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
[4] Praherdhiono, Henry, 2010. Kurikulum TIK di Indonesia(2), http://www.tep.ac.id/berita-118kurikulum-tik-di-indonesia-1.html di akses 24 Oktober 2010.
[5] Reddy, Govindarajalu, Naidu, 2007, A Process Model for Software Architecture, IJCSNS International Journal of Computer Science and Network Security, VOL.7 No.4, April 2007.
[6] Suwarno, W. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: Ar Ruzz.
[7] Uno,H. 2009. Model Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.